Wagub Kalteng Buka Konsultasi Publik Ranwal RPJMD Prov Kalteng 2021-2026

Wagub Kalteng Buka Konsultasi Publik Ranwal RPJMD Prov Kalteng 2021-2026

2021-07-12 08:10:17. Administrator. 151


Palangka Raya -  Pasca pelantikan Gubernur dan Wakil Provinsi Kalimantan Tengah terpilih 25 Mei 2021 yang lalu, pemerintah Prov Kalteng mulai Menyusun Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah (Ranwal RPJMD) Tahun 2021 – 2026. Ranwal RPJMD Prov. Kalteng Tahun 2021- 2026 dilaksanakan Senin (12/6) pagi secara virtual meeting dan dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah H. Edi Pratowo di Ruang Kerja Wagub dan dihadiri oleh seluruh lapisan pemerintahan mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), DPRD dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah.

Pelaksanaan Konsutasi Publik ini merupakan tahapan awal dalam penyusunan RPJMD yang bertujuan untuk menjaring masukan saran penyempurnaan dan dukungan dari para pemangku kepentingan.

(Baca Juga : Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Buka Musrenbang Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021 )

Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng Ir. Yuren S. Bahat, MM.,MT dalam laporannya mengatakan bahwa Penyusunan rancangan awal RPJMD merupakan penyempurnaan rancangan teknokratik dengan berpedoman pada visi, misi dan program Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih dan Penyusunan rancangan awal RPJMD dilakukan sesuai dengan kaidah perumusan kebijakan perencanaan.


Wakil Gubernur H. Edy Pratowo dalam sambutannya mengatakan bahwa RPJMD merupakan penjabaran dari Visi, Misi, dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 (lima) tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJPD, RTRW DAN RPJMN.

Adapun Visi kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih adalah ”Kalteng Makin BERKAH”, dengan penjelasan :

  • Bermartabat : Kalimantan Tengah yang makin unggul, berdaya saing tinggi, dan memiliki reputasi cemerlang.
  • Elok : Kalimantan Tengah yang makin indah dan menawan secara tata ruang kewilayahan serta berorientasi Green Kalteng (Kalteng Hijau), disertai perilaku masyarakat yang ramah.
  • Religius : Kalimantan Tengah yang makin taat dalam melaksanakan ajaran agama dalam kehidupan individu maupun public demi kalteng yang berkarakter.
  • Kuat : Kalimantan Tengah yang kuat secara ekonomi, sejahtera lahir dan batin. Kalteng sehat, mandiri, tangguh, dan maju dalam berbagai sektor.
  • Amanah : Kalimantan Tengah yang berintegritas, jujur, dan penuh dedikasi. Komitmen dan konsisten dalam menjaga dan melindungi seluruh warga Kalteng.
  • Harmonis : hidup rukun antarsesama warga dengan latar belakang kemajemukan secara agama, etnik, dan antargolongan dalam suasana saling menghormati dan menghargai demi keberkahan bersama.

Untuk mewujudkan visi tersebut Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Bapak H.Sugianto Sabran – H. Edy Pratowo telah menetapkan 5 (lima) Misi yang diharapkan dapat menuntaskan permasalahan yang terjadi di Provinsi Kalimantan Tengah, yaitu :

  1. Mempercepat pembangunan ekonomi yang produktif, kreatif dan berwawasan lingkungan
  2. Memperkuat ketahanan daerah dalam mengantisipasi perubahan global
  3. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui reformasi birokrasi
  4. Mempercepat pembangunan sumber daya manusia yang cerdas, sehat dan berdaya saing
  5. Meneguhkan kalteng yang beriman, berbudaya dan berkesetaraan gender

Adapun Keluaran/Output berupa kesepakatan Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021-2026 yang dituangkan dalam Berita Acara Hasil Kesepakatan Konsultasi Publik, yang memuat Sasaran dan prioritas pembangunan daerah, serta rencana program dan kegiatan yang disertai indikator dan target kinerja dan kebutuhan pendanaan serta Program dan kegiatan yang belum diakomodir. (10_D)

Image placeholder

Administrator