Pj. Sekda Buka Forum Perangkat Daerah dalam rangka Penyusunan Rancangan RPJMD Prov. Kalteng Tahun 2021-2026

Pj. Sekda Buka Forum Perangkat Daerah dalam rangka Penyusunan Rancangan RPJMD Prov. Kalteng Tahun 2021-2026

2021-08-24 08:30:00. Administrator. 104


Palangka Raya -  Sesuai Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah, Pasal 58 ayat (2) Rancangan Awal RPJMD sebagaimana dimaksud pada ayat (1), menjadi dasar bagi Perangkat Daerah untuk menyempurnakan rancangan awal Renstra Perangkat Daerah, dan pada Pasal 59 ayat (1) disebutkan bahwa Rancangan awal Renstra Perangkat Daerah dibahas dengan Pemangku kepentingan dalam forum Perangkat Daerah untuk memperoleh saran dan masukan.


Berkenaan dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (BAPPEDALITBANG) Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Forum Perangkat Daerah dalam rangka Penyusunan Rancangan RPJMD Prov. Kalteng Tahun 2021-2026 dilaksanakan pada hari Selasa (2/8 2021)  dibuka oleh Pj. Sekda Prov. Kalteng  H. Nuryakin di ruang kerjanya  secara daring dan dihadiri oleh seluruh perangkat daerah lingkup Prov. Kalteng dan Bappeda kab/kota dan perangkat daerah bidang urusan kab/kota se Kalteng.

(Baca Juga : Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Buka Musrenbang Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021 )

Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng Ir. Yuren S. Bahat, M.M.,M.T. melaporkan bahwa RPJMD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021-2026 mulai disusun sejak pelantikan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih pada tanggal 25 Mei 2021. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini merupakan langkah lanjutan dari rangkaian tahapan penyusunan RPJMD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021-2026 dalam rangka sinkronisasi Rencana Strategis Perangkat Daerah terhadap Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah.

“Adapun Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini untuk memastikan kesesuaian rancangan awal Renstra Perangkat Daerah dengan Rancangan Awal RPJMD Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2021-2026 dan Keluaran/Output berupa kesepakatan Forum Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021 yang dituangkan dalam Berita Acara Hasil Kesepakatan Forum Perangkat Daerah hasil sinkronisasi antara Renstra PD terhadap RPJMD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021-2026” ungkap Yuren

Pj. Sekda H. Nuryakin dalam sambutannya mengatakan bahwa proses perencanaan pembangunan daerah saat ini memasuki tahapan penyempurnaan Rancangan Awal RPJMD dimana penyempurnaan tersebut akan menjadi dasar bagi Perangkat Daerah untuk menyempurnakan rancangan awal Renstra Perangkat Daerah. “Melalui Forum ini diharapkan Kita dapat menyinkronkan tujuan, sasaran, arah kebijakan dan program prioritas antar perangkat daerah dalam menjalankan misi Kepala Daerah untuk mewujudkan “Kalteng Makin Berkah” tegas Nuryakin


Dibutuhkan kerja keras dan kerjasama dari Kita semua, ditambah dengan kondisi Kita saat ini yang dibilang sedang tidak baik-baik saja, namun dengan dukungan Bapak/Ibu semua dan dengan kerjasama Kita semua semoga perencanaan yang Kita susun pada hari ini akan   bermanfaat selama 5 Tahun mendatang untuk kemajuan Provinsi Kalimantan Tengah. (10_di)

Image placeholder

Administrator