Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Penelitian dan Pengembangan

Evaluasi Percepatan Penyerapan APBD Kabupaten/Kota TA.2015

aaaaaaaaaaaaaaa_DSC0771Rapat Evaluasi Percepatan Penyerapan APBD Kab/Kota TA. 2015 dilaksanakan pada hari Rabu, 11 Maret 2015 pada pukul 09.00 WIB sampai selesai bertempat di Aula Bappeda rovinsi Kalimantan Tengah. Rapat yang dipimpin oleh Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Tengah, Ir. Herson B. Aden, M.Si  tersebut dihadiri pejabat dan staf dari Bappeda 14 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah yang terdiri dari beberapa Kepala Bappeda Kabupaten/Kota, Kepala Bidang, Kepala Sub Bidang, staf serta operator.

Rapat ini bertujuan untuk memperkenalkan Aplikasi Sistem Informasi Monitoring dan Pengendalian Pembangunan Daerah (SIMPPD) kepada Bappeda Kabupaten/Kota selaku Perencana dan Pengendali Program/Kegiatan Lingkup Kabupaten/Kota. SIMPPD adalah aplikasi untuk memonitoring dan mengendalikan penyerapan anggaran melalui pengendalian pembayaran dan kemajuan pelaksanaan pekerjaan. Aplikasi SIMPPD ini berbasis web sehingga membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya. Penggunaan SIMPPD ini akan meningkatkan kinerja dan transparansi informasi perangkat kerja daerah di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah serta akan membantu tugas Bappeda dalam mengumpulkan data-data dari SKPD.

Dalam sambutannya Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Tengah, Bapak Ir. Herson B. Aden, M.Si menghimbau agar Bappeda Kabupaten/Kota dapat membuat aplikasi SIMPPD sehingga seluruh kegiatan pada SKPD Kabupaten/Kota dapat dipantau dan terintegrasi dengan SIMPPD Provinsi. Himbauan tersebut disambut baik oleh Bappeda Kabupaten/Kota bahkan beberapa Kabupaten/Kota telah mengembangkannya, di antaranya adalah Bappeda Kota Palangka Raya dan Bappeda Kabupaten Barito Selatan yang sedang dalam tahap pembuatan Aplikasi SIMPPD. Dengan begitu diharapkan pada tahun 2016 seluruh data SKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat terintegrasi dengan baik.