Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Penelitian dan Pengembangan

WhatsApp Image 2018-03-12 at 2.54.20 PM

Irjen Kemenhub RI kunjungi pelabuhan Batanjung Kapuas

KAPUAS – Inspektur Jendral Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, DR. Wahyu Satrio Utomo beserta rombongan mengunjungi kota Kuala Kapuas , Selasa (6/3/2018) dan disambut langsung oleh Pjs. Bupati Kapuas Ermal Subhan di Rumah Jabatan Bupati Kapuas.
Irjen beserta rombongan bermaksud untuk menindaklanjuti rencana kelanjutan pembangunan Pelabuhan Batanjung melihat secara langsung kondisi Pelabuhan Batanjung sekaligus menyusuri alur Sungai Kapuas menuju Pelabuhan Batanjung.
Dalam sambutannya pada acara ramah tamah di rumah jabatan bupati Kapuas, Wahyu Satrio menerangkan bahwa pihaknya tidak bisa hanya berhubungan dengan kementerian Pekerjaan Umum dan Peruimahan Rakyat RI saja, diperlukan kerjasama dari pemerintah daerah utnuk menyiapkan hinterland sehingga investasi yang ditanam di daerah tersebut benar-benar punya manfaat yang besar bagi pembangunan pemerintah daerah. “Kami sarankan, kalau bisa industri dipusatkan disana baik itu batu bara, kelapa sawit dan industri lainnya sehingga menjadi kawasan ekonomi. Kalau memang dikerjakan dari Kementerian PUPR maka manfaatnya sangat besar bagi Kalimantan Tengah tidak hanya Kabupaten Kapuas saja,”terangnya.
Saat ini akses menuju pelabuhan belum ada jalan maupun jembatan yang bisa dilalui. Dibutuhkan dana yang besar untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur jalan dari Basarang menuju Pelabuhan Batanjung. “Bila akses jalan diperbaiki maka pelabuhan Batanjung kata dia, dapat dioptimalkan untuk penumpang maupun pengangkutan logistik,” kata Irjen.
Sementara itu, Direktur Pembangunan Jalan Ditjen Bina Marga Kementerian PURP Ir Achmad Gani mengungkapkan pembangunan jalan di wilayah kawasan Batanjung cukup berat karena akses menuju pelabuhan tersebut semuanya melewati lahan gambut yang masih ada kurang lebih 52 Kilometer.
Kemudian, Ia mengatakan pihaknya berupaya untuk mencari struktur yang paling tepat karena kendaraan-kendaraan berat pasti akan melewati kawasan pelabuhan tersebut. “Kalau kita buka jalan hanya dengan timbunan saja tidak akan kuat. Untuk itu kita bekerja sama dengan Balitbang Kementerian PUPR untuk turun lebih dahulu sebelum kita melakukan pekerjaan fisiknya,”katanya.
Plt Sekda Prov Kalteng Fahrizal Fitri yang dalam kesempatan ini mewakili Gubernur Kalimantan Tengah berharap agar Pelabuhan Batanjung ini, menjadi pintu gerbang pelabuhan wilayah timur, yang mana potensi sumber daya alam yang ada akan mempergunakan pelabuhan ini,” paparnya
Pjs. Bupati Kapuas berharap agar Pelabuhan Batanjung nantinya dapat bermanfaat terutama dalam pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah.