Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Penelitian dan Pengembangan

Bimtek Renja SKPD : Kepala Bappeda Provinsi Kalteng Ir. Herson B. Aden, M.Si, Kadispora Kalteng Suyanto beserta 40 pemuda peserta PM2L berfoto bersama saar acara pelepasan di Aula Bappeda Provinsi Kalteng Rabu 13 Februari 2014

Mantabkan Renja SKPD Tuntas RPJMD 2015

Bimtek Renja SKPD : Kepala Bappeda Provinsi Kalteng Ir. Herson B. Aden, M.Si, Kadispora Kalteng Suyanto beserta 40 pemuda peserta PM2L berfoto bersama saar acara pelepasan di Aula Bappeda Provinsi Kalteng Rabu 13 Februari 2014

PALANGKA RAYA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalteng menyelenggarakan  bimbingan teknis (bimtek) penyusunan rencana kerja satuan kerja perangkat daerah (Renja SKPD) di lingkup pemerintahan Provinsi Kalteng. Acara diselenggarakan selama dua hari sejak tanggal 26-27 Februari 2014 di Aula Serba Guna Bappeda Provinsi Kalteng.

Kepala Bappeda Provinsi Kalteng Ir. Herson B. Aden, M.Si, Kamis (27/2) menyampaikan, kegiatan bimtek bertujuan untuk memantabkan renja di tingkat SKPD yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalteng 2015. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta optimalisasi perencanaan di tingkat SKPD agar perencanaan yang dilakukan terarah serta konsistensi terhadap rancangan renja RPJMD,” Kata Herson.

Menurut Herson, peningkatan kualitas renja terlebih memasuki masa berakhirnya RPJMD Provinsi Kalteng 2015 diharapkan dapat memperbaiki program kerja SKPD, sehingga semakin lebih baik dan tepat sasaran. Program-program tersebut terutama yang lebih mengarah pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Sebagai petunjuk Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang program-program tersebut dapat segera di tuntaskan seiring berakhirnya masa kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng periode 2010-2015,”katanya

Menurut Herson, perencanaan pembangunan merupakan aspek penting dalam implementasi otonomi daerah dan desentralisasi. Karenanya, kegiatan Bimtek Renja SKPD 2015 bertujuan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kualitas Perencanaan SKPD dalam rangka memenuhi target kinerja yang telah ditentukan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan, lanjut Herson, (1) koordinasi antarpelaku pembangunan, menjamin terciptanya koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergi baik antardaerah, antarruang, antarwaktu, antarfungsi pemerintah, maupun antara Pusat dan Daerah (2) menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan; (3)mengoptimalkan partisipasi masyarakat ; dan (4) menjamin tercapainya penggunaan sumber dayta secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.

Kemudian dikatakannya, pentusunan Renja SKPD dilakukan secara simultan dengan penyusunan rancangan awal RKPD. Rencana tersebut disusun dengan berpedoman pada Renstra SKPD. Berikutnya akan digunakan sebagai bahan masukan untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD menjadi rancangan RKPD.

Selanjutnya, dibahas pada forum-forum perencanaan, antara lain Forum SKPD provinsi yang akan dijadwalkan tanggal 10-11 Maret 2014, musrembang provinsi tanggal 19-20 Maret 2014, rapat teknis pra musrembang nasional 21-25 April 2014, serta Musrembang Nasional tanggal 29 April 2014. Hasil pembahasan musrembang tersebut selanjutnya digunakan sebaga acuan untuk penyempurnaan rancangan RKPD menjadi rancangan akhir RKPD.

RKPD Provinsi Kalteng 2015 dijadwalkan selesai dan ditetapkan gubernur tanggal 16 Mei 2014. RKPD ini menjadi acuan SKPD untuk menyempurnakan rancangan Renja SKPD.

“Terkait hal tersebut diminta agar SKPD mengambil langkah-langkah strategis guna persiapan dan pelaksanaannya, sehingga jadwal penyelesaian RKPD dan Renja SKPD tahun 2015 tersebut dapat terpenuhi,” ujarnya.

Herson mengharapkan para peserta dapat mengimplementasikannya dalam penyusunan dokumen RKPD dan Renja SKPD. Kemudian masing-masing SKPD dapat menyusun Renja SKPD tahun 2015 lebih baik lagi terutama dari sisi substansi sesuai Permendagri No. 54/ 2010, serta dapat merumuskan indikator kinerja dan terget capaian program/kegiatan dalam dokumen RKPD dan Renja SKPD 2015. Bimtek difasilitasi oleh para narasumber antara lain dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Kalteng, Inspektorat Provinsi Kalteng. Ditjen Bina Pembanguan Daerah Kementerian Dalam Negeri serta Bappeda.