Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Penelitian dan Pengembangan

Musrenbang Kabupaten Katingan Tahun 2015

17 maret 2015

Kepala Bappeda saat menyampaikan paparan

Dalam setiap penyusunan dokumen perencanaan, memerlukan koordinasi antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dilakukan melalui proses pembahasan yang terkoordinasi antar Bappeda dengan seluruh satuan kerja perangkat daerah melalui penyelenggaraan Musrenbang yaitu Musrenbang Kelurahan, Kecamatan, Musrenbang Kota, Musrenbang Provinsi dan Musrenbang Nasional.

Bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Katingan, Selasa (17/3) yang dihadiri oleh Wakil Bupati Katingan, Sekretaris Daerah, Wakil Ketua DPRD, Kepala Bappeda dan jajaran SKPD terkait di Kabupaten Katingan tampak hadir pula Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Tengah beserta jajaran. Tujuan dari penyelenggaraan Musrenbang Kabupaten Katingan Tahun 2015 adalah untuk menyinkronkan prioritas program dan kegiatan usulan program pembangunan di Kabupaten Katingan.

Tahapan pembangunan dalam RPJPD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2005-2025 memasuki tahapan ke-3 tahun 2015-2020 yaitu memantapkan kemandirian dan ketahanan ekonomi secara menyeluruh di berbagai bidang dengan menekankan pencapaian daya saing kompetitif perekonomian berlandaskan keunggulan sumber daya alam dan sumber daya manusia berkualitas serta kemampuan ilmu dan teknologi yang terus meningkat. Sebagaimana visi RPJPD 2005-2025 adalah Kalimantan Tengah yang Maju, Mandiri dan Adil.

17

Sambutan Wakil Bupati Kabupaten Katingan

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Tengah Ir. Herson B. Aden, M.Si tema pengembangan wilayah kalimantan salah satunya adalah Mempertahankan fungsi Kalimantan sebagai Paru-paru dunia dengan meningkatkan konservasi dan rehabilitasi DAS, lahan kritis, hutan lindung, dan hutan produksi; serta mengembangkan sistem pencegahan dan penanggulangan bencana alam banjir dan kebakaran hutan.

Dengan diselenggarakannya Musrenbang Kabupaten Katingan, diharapkan peran serta seluruh pihak dalam mengedepankan prioritas program dan kegiatan pembangunan pada Kabupaten Katingan.(dn)