Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Penelitian dan Pengembangan

WhatsApp Image 2018-03-13 at 5.04.56 PM

Pembukaan Kortekrenbang Tingkat Provinsi Tahun 2018

Palangkaraya – Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (KORTEKRENBANG) tingkat provinsi Kalimantan Tengah tahun 2018 yang dilaksanakan di Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah selama 2 (dua) hari yakni 13-14 Maret 2018, dibuka secara resmi oleh Plt. Sekretaris Daerah Prov. Kalimantan Tengah Bapak Fahrizal Fitri, S.Hut, M.P. yang diwakili oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Kalimantan Tengah Bapak H. Kaspinor,SE,.M.Si., Kortekrenbang merupakan bentuk tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (KORTEKRENBANG) tingkat pusat tahun 2018 yang dilaksanakan pada 5-9 Maret 2018 di Mataram, NTB.

Dalam laporan kepala Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah Ir. Yuren S. Bahat, MM.,MT. mengatakan Kortekrenbang tingkat provinsi ini merupakan rangkaian kegiatan perencanaan untuk  pencapaian target pembangunan nasional, yang puncaknya adalah Musrenbang nasional. Beberapa tujuan yang ingin dicapai dengan dilaksanakannya Kortekrenbang tingkat provinsi ini antara lain adalah :

  1. Adanya sinkronisasi perencanaan pembangunan nasional dan daerah serta sinkronisasi pembangunan antar daerah tahun 2019
  2. Penyelarasan antara pusat dan daerah (provinsi dan kab/kota) dalam rangka pencapaian target prioritas nasional tahun 2019.

Dalam laporannya Kepala Bappedalitbang Ir. Yuren S. Bahat, MM., MT juga menyampaikan beberapa output/keluaran yang ingin dicapai dengan dilaksanakan kegiatan Kortekrenbang tingkat provinsi, antara lain :

  1. Tersusunnya program, kegiatan, proyek, target, lokasi, serta anggaran pusat dan daerah (provinsi dan kab/kota) dalam pencapaian target pembangunan nasional tahun 2019.
  2. Terwujudnya komitmen daerah dalam mendukung pencapaian program prioritas nasional tahun 2019.
  3. Tersusunnya daftar urutan usulan prioritas pusat dan daerah tahun 2019.