Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Penelitian dan Pengembangan

WhatsApp Image 2019-07-10 at 2.47.53 PM

Kunker Komisi D DPRD Prov. Kalteng beserta Bappedalitbang Ke Kab. Banyuwangi

Banyuwangi –  Kunker anggota komisi D DPRD Prov. Kalteng beserta Bappedalitbang Prov. Kalteng ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.  Kunker yang dipimpin oleh Sekretaris Komisi D H. Jimin didampingi 5 anggota lainnya diantaranya : HM. Rizal, Hj. Agus Susilasani, H. Abdul Hadi, Silvanus Sea dan H. Monte Carlo,

Bappedalitbang prov. Kalteng dipimpin oleh Kaban Bappedalitbang Ir. Yuren S. Bahat,MM,MT,  Sekretaris Bappedalitbang Norhani, S.Sos,M.AP, Kabid Perencanaan Lukman Alhakim, Sp,M.Si .

Kunjungan Kerja komisi D DPRD Prov. Kalteng dan Bappedalitbang Prov Kalteng ke Kabupaten Banyuwangi berlangsung pada hari 7-9 Juli 2019. Rombongan Kunker diterima oleh Sekretaris Bappeda Kab. Banyuwangi  Amir Hidayat di kantor Bappeda Kab. Banyuwangi. (8/07/2019)

H. Jimin dalam sambutannya mengatakan bahwa Bappeda Kab. Banyuwangi sebagai daerah percontohan karena pada tahun 2019 Kab. Banyuwangi mendapatkan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD 2019) Kabupaten terbaik se-Indonesia yang diserahkan oleh Presiden RI. Kunker tersebut mengambil tema “Peran Pemerintah Daerah sebagai Pilar Keberhasilan Pembangunan Daerah”.

Selain itu H. Jimin menyampaikan bahwa tujuan rombongan datang ke Banyuwangi untuk mengATMkan (Amati Tiru Modifikasi) kemajuan-kemajuan dalam pengelolaan pemerintahan daerah Kab. Banyuwangi agar dapat diterapkan di pemerintahan Provinsi Kalimantan Tengah. “kami memilih Kab. Banyuwangi sebagai daerah yang wajib dicontohi dan ditiru dalam perumusan kebijakan teknis di bidang perencanaan pembangunan daerah dan pelaksanaan fungsi lain.

Amir Hidayat mengakatan bahwa ada 2 prioritas pembangunan dalam kab Banyuwangi yaitu : Peningkatan perekonomian dan peningkatan SDM (Prioritas aksesibilitas layanan pendidikan dan aksesbilitas layanan kesehatan)

Inovasi program dalam bidang kesehatan di Kab. Banyuwangi adalah 1. Laskar Bumil RISTI (Resiko Tinggi), dan 2. SAKINA  (Stop Angka Kematian Ibu dan Anak)

Prioritas pembangunan ekonomi 50% dari sektor pertanian. Dengan mengintegrasikan sektor pertanian dengan sektor pariwisata.

Ada 3 destinasi unggulan kab. Banyuwangi, 1. Kawah Ijen, 2. pantai plengkung, 3.Sukamade biasa disebut The Diamont Triangle

Selain itu kab. Banyuwangi selama setahun mengadakan 99 festival budaya yang terjadwal.